Haruskah Anda menghindari karbohidrat? Inilah yang dikatakan sains

Anda mungkin melihat pengiklan atau blogger yang menyalahkan karbohidrat karena ketidakmampuan Anda untuk menurunkan berat badan. Atau Anda mungkin memiliki teman atau anggota keluarga dalam hidup Anda yang memotong karbohidrat sebagai bagian dari rencana diet baru yang trendi.

Sementara beberapa ahli diet telah menganjurkan memotong karbohidrat untuk menurunkan beberapa kilogram, yang lain berpendapat sebaliknya. Ketika sampai pada itu, apa yang sebenarnya dikatakan oleh sains? Apakah karbohidrat baik atau buruk?

Inilah yang harus Anda ketahui dan pahami tentang karbohidrat.

Apa itu karbohidrat?

Karbohidrat adalah “salah satu kelompok makanan dasar” dan penting untuk “hidup sehat.” Mereka adalah serat, pati dan gula yang ditemukan dalam biji-bijian, produk susu, buah-buahan dan sayuran.

“Karbohidrat adalah makronutrien, yang berarti mereka adalah salah satu dari tiga cara utama tubuh memperoleh energi, atau kalori,” Paige Smathers, seorang ahli diet terdaftar, mengatakan.

Ada tiga jenis macronutrien: protein, lemak dan karbohidrat. Ini penting untuk menjaga tubuh kita berfungsi dengan baik. Karbohidrat berfungsi sebagai bahan bakar untuk sistem saraf pusat dan energi kita untuk membuat fungsi otot kita.

Apakah ada berbagai jenis karbohidrat?

Para ilmuwan dan ahli gizi mengklasifikasikan karbohidrat menjadi dua kelompok: sederhana dan kompleks. Struktur kimia setiap kelompok sebenarnya berbeda.

Karbohidrat sederhana umumnya dilarutkan oleh tubuh lebih cepat, dan hanya mengandung satu atau dua gula. Ini dapat dengan mudah ditemukan dalam hal-hal seperti permen, soda, dan sirup. Karena makanan ini tidak memiliki vitamin, mineral atau serat, mereka sering disebut sebagai “kalori kosong” dan dapat lebih mudah mengarah ke penambahan berat badan.

Tidak seperti karbohidrat sederhana, karbohidrat kompleks memiliki setidaknya tiga gula. Sering disebut sebagai makanan bertepung, karbohidrat kompleks dapat ditemukan dalam lentil, kacang, kacang polong, kacang tanah, kentang, sereal dan roti gandum.

Meskipun karbohidrat sederhana dapat memberikan lonjakan energi lebih cepat, karbohidrat kompleks menyediakan sumber energi yang berkelanjutan.

“Sebaiknya fokus pada mendapatkan karbohidrat kompleks terutama dalam diet Anda, termasuk biji-bijian dan sayuran,” katanya.

Karbohidrat sederhana sebelumnya telah dikaitkan dengan peningkatan risiko penyakit jantung dan diabetes tipe 2, menurut beberapa penelitian.

Apakah diet rendah karbohidrat bekerja?

Para ahli sebenarnya cenderung setuju bahwa diet rendah karbohidrat bukanlah solusi penurunan berat badan yang berkelanjutan.

Bagian dari ini adalah karena sulit untuk tetap dengan diet ini. Sebuah studi 2013 oleh para peneliti di Harvard University menemukan bahwa hanya 78 persen dari para pelaku diet pada rencana rendah karbohidrat yang terjebak dengannya untuk jangka panjang, menurut Health. Sebaliknya, 90 persen orang yang mengonsumsi makanan tinggi karbohidrat terjebak dengannya untuk jangka panjang.

Meskipun Anda dapat menurunkan berat badan dengan memotong asupan karbohidrat, Anda juga dapat mengurangi berat badan dengan mudah dengan menyesuaikan karbohidrat yang Anda makan. Karbohidrat sederhana memiliki sedikit nilai gizi, dan harus dihindari. Karbohidrat kompleks benar-benar akan memberi Anda lebih banyak energi jangka panjang, dan tidak akan menyebabkan kenaikan berat badan saat dikonsumsi dalam jumlah sedang.

Karbohidrat kompleks sebenarnya memberikan manfaat yang signifikan

Karbohidrat sebenarnya memiliki dampak yang signifikan terhadap kesehatan mental kita. Sebuah studi tahun 2009 benar-benar menemukan bahwa orang-orang dengan diet rendah karbohidrat, tinggi lemak sebenarnya lebih cenderung mengalami depresi, kecemasan dan kemarahan daripada orang-orang dengan diet rendah lemak dan tinggi karbohidrat.

Selain itu, karbohidrat tampaknya penting untuk meningkatkan memori. Para peneliti di Universitas Tufts memiliki sekelompok wanita yang kelebihan berat badan yang memangkas karbohidrat seluruhnya dari makanan mereka selama satu minggu pada tahun 2008. Mereka kemudian menguji kemampuan kognitif wanita, memori spasial dan perhatian visual. Para wanita melakukan lebih buruk daripada sekelompok wanita lain yang hanya mengurangi asupan karbohidrat mereka dengan jumlah yang sehat.

Untuk menghindar atau tidak menghindari karbohidrat?

Jika Anda berjuang untuk menurunkan berat badan, karbohidrat kompleks bukanlah masalahnya. Anda harus, bagaimanapun, mengurangi asupan karbohidrat sederhana. Tidak hanya makanan ini memiliki nilai gizi sedikit, mereka juga sering dikonsumsi sebagai makanan ringan di antara waktu makan. Salah satu alasan besar orang yang berusaha menurunkan berat badan sering berjuang, adalah bahwa mereka lalai memotong camilan dari makanan mereka.

“Orang-orang sering lupa tentang hal-hal kecil selama atau di antara makanan yang bertambah secara kalori dan dapat mengganggu secara signifikan dengan penurunan berat badan,” kata Dr Melina Jampolis, seorang ahli gizi dokter bersertifikat.

Karbohidrat yang sehat dan kompleks sebenarnya bisa menjadi kunci penurunan berat badan Anda. Sebuah studi tahun 2009 menemukan bahwa orang yang mengonsumsi lebih banyak serat, sesuatu karbohidrat kompleks kaya dengan, kehilangan berat badan dalam jumlah yang signifikan. Di sisi lain, orang-orang yang memotong serat dari makanan mereka sebenarnya diperoleh.

Diet seimbang adalah kuncinya

Sebuah penelitian terbaru yang dilakukan oleh para peneliti di Stanford University mengungkapkan, mengonsumsi lebih banyak sayuran bersama dengan makanan utuh lainnya adalah kunci untuk diet sehat. Penelitian lebih lanjut menyarankan bahwa menurunkan berat badan lebih banyak tentang kualitas diet daripada kuantitas kalori.

Menurut penelitian, berdiet individu yang mengurangi konsumsi gula tambahan, makanan olahan dan biji-bijian olahan (karbohidrat sederhana) sambil fokus pada peningkatan sayuran dan makanan utuh, kehilangan berat badan yang signifikan selama setahun tanpa membatasi ukuran bagian.

Garis bawah? Sama seperti pilihan makanan Anda secara keseluruhan, ilmu mengatakan kualitas karbohidrat yang Anda konsumsi adalah yang paling penting.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *