Desain ulang terbesar Gmail kini telah tersedia

Layanan email terpopuler di dunia sedang mengalami perbaikan besar-besaran hari ini. Google sedang membuat perubahan resmi yang kami lihat bocor awal bulan ini, dengan mode email tunda, nudging, dan rahasia membuat debut mereka bersama desain ulang visual yang substansial untuk Gmail di web. Gmail baru memulai peluncuran bertahap global hari ini, yang mengatakan bahwa itu tidak akan tersedia untuk setiap satu dari 1,4 miliar pengguna Gmail segera, dan yang pertama mendapatkannya akan diundang untuk ikut serta daripada hanya dapat hidupkan sendiri.

Berbicara dengan The Verge menjelang peluncuran hari ini, Jacob Bank, yang memimpin manajer produk untuk Gmail, mengatakan bahwa desain ulang Google dilakukan dengan tujuan untuk “membuat orang lebih aman dan lebih produktif.” Kedengarannya seperti prioritas pengguna bisnis, dan ada perbedaan rasa di antara rangkaian perubahan yang telah dibuat Google bahwa kita semua akan diperlakukan jauh lebih seperti pelanggan bisnis Google. Itu bukan hal yang buruk.

Pilar pengaman berpusat di sekitar mode rahasia baru. Ini memungkinkan pengirim untuk menetapkan tanggal kedaluwarsa email yang sensitif atau mencabutnya sepenuhnya. Google membuatnya berfungsi dengan tidak mengirim konten rahasia secara langsung – Anda hanya mengirim tautan ke konten, yang ada di kotak surat Anda dan diakses oleh penerima baik melalui akun Gmail mereka atau, jika mereka menggunakan layanan email lain, https. Dalam kedua kasus, Anda, pengirim, bertanggung jawab atas berapa lama pihak lain dapat mengakses pesan tersebut. Anda pada dasarnya membagikan lisensi akses waktu terbatas.

Manajemen hak terpadu (IRM) adalah salah satu dari sejumlah fitur yang berfokus pada bisnis yang menjadikannya sebagai Gmail baru untuk semua orang, memungkinkan Anda memblokir penerusan, penyalinan, pengunduhan, atau pencetakan pesan tertentu. Jelas tidak akan mencegah ekstraksi data yang disengaja dari email semacam itu, tetapi Google yakin ada berbagai situasi di mana orang secara tidak sengaja atau tanpa disadari berbagi informasi dengan orang yang salah, dan itulah masalah yang perusahaan harapkan untuk memperbaiki.

Otentikasi dua faktor (2FA) pada basis per-pesan juga ditambahkan di bawah payung mode rahasia. Anda dapat meminta penerima untuk mengautentikasi dengan kode sandi yang diterima melalui pesan teks sebelum mereka dapat membuka email rahasia.

Sayangnya, perubahan besar sebagai mode rahasia dan tambahan IRM dan aspek 2FA adalah untuk Gmail baru, sepertinya mereka tidak akan siap langsung, dengan Google menjanjikan kita akan dapat mulai menggunakan mode aman “di minggu-minggu mendatang. ”

Google juga menggembar-gemborkan beberapa hasil dari desain ulang layar keamanan di belakang layar yang difokuskan untuk mencegah penipuan phishing.

“Kami telah meningkatkan investasi kami dalam perlindungan phishing secara dramatis,” kata Bank, menjelaskan bahwa algoritme pembelajaran-mesin Google menjalankan pemeriksaan keamanan pada setiap pesan baru yang diterima. Dalam hal visual yang menghadap pengguna, Google meningkatkan peringatan phishing dari spanduk dasar menjadi peringatan dengan kode warna yang sangat besar. Sekarang ada ajakan bertindak yang tidak dapat dilakukan untuk pengguna saat Gmail mendeteksi pesan yang berpotensi berbahaya atau menipu.

Penundaan email kini menjadi fitur umum di antara klien email pihak ketiga, dan Google telah melakukan hal yang jelas dengan mengintegrasikannya langsung ke Gmail. Ini berfungsi dengan baik dengan menu hover baru yang memunculkan interaksi paling umum yang mungkin Anda inginkan dengan email – arsipkan, hapus, tandai sebagai telah dibaca, atau tunda untuk nanti – saat Anda menempatkan kursor di atas setiap pesan di kotak masuk Anda. Itu membuat Gmail di tampilan web dan lebih terasa seperti aplikasi, meskipun tidak ada kata apakah perubahan itu mungkin juga muncul di aplikasi Gmail seluler. Tambahan lain yang rapi untuk versi web adalah kemampuan untuk memasuki lampiran email langsung dari kotak masuk tanpa membuka percakapan.

Google melangkah selangkah lebih maju dengan menambahkan apa yang disebut sebagai nudging email, memunculkan kembali informasi yang dikenali memerlukan tindakan atau respons yang peka waktu. “Kami tidak terlalu sering menyikut,” kata Bank, “tetapi ketika kami melakukannya, itu dapat menyelamatkan orang dari kesalahan biaya tinggi.” Untuk menentukan pesan mana yang membutuhkan perhatian Anda, Google melihat sekumpulan sinyal seperti mengirimi Anda email dan apakah itu memiliki konten tertentu. Bertanya tentang privasi fitur baru ini, Bank menjelaskan bahwa “itu berbagi banyak mesin yang sama” sebagai opsi Balasan Cerdas Google, yang sekarang datang ke Gmail di web.

Tunda, balasan cerdas, lampiran dapat dinonaktifkan dari kotak masuk: ini semua adalah fitur yang sudah tersedia di aplikasi Kotak Masuk Google. Dalam sedikit perubahan dari bagaimana Inbox dicirikan saat peluncuran, Bank mengatakan itu sekarang menjadi tempat uji eksperimental untuk fitur Gmail di masa mendatang. “Inbox adalah generasi penerus awal, versi awal, sedangkan Gmail adalah unggulan yang pada akhirnya akan mendapatkan fitur-fitur baru terbaik,” menurut Bank. “Kami tidak ingin melakukan perubahan dengan sembrono, atau dengan banyak risiko, dengan Gmail.” Google tidak menghapus fitur Gmail apa pun dalam desain ulang ini, itu semua penambahan dengan penambahan.

Di antara beberapa pembaruan visual, perubahan fungsi UI terbesar ke Gmail di web mungkin adalah penambahan panel sisi kanan yang dapat dilipat baru. Ini bertujuan untuk lebih mengintegrasikan aplikasi G Suite Google, dengan Google Kalender, Google Keep, dan Google Tasks baru, semua mencari rumah baru di sana. Panel samping akan memungkinkan Anda mengatur pertemuan, merencanakan hari Anda, atau hanya menuliskan beberapa catatan tanpa meninggalkan email untuk masuk ke tab lain atau aplikasi lain. Aplikasi seluler Google Tasks yang sesuai sedang dirilis di iOS dan Android hari ini.

Juga yang pertama untuk antarmuka web Google adalah kemampuan untuk menciutkan panel sisi kiri yang menghosting tautan navigasi biasa dan dengan demikian membuka lebih banyak ruang horizontal.

“Kami memiliki basis pengguna bifurcated,” catat Bank. “Sebagian besar lebih suka tampilan yang lebih nyaman, tetapi minoritas kecil tapi vokal hanya ingin melihat email sebanyak mungkin.” Untuk memuaskan kedua grup, salah satu pengaturan pertama Google akan meminta pengguna baru untuk memutuskan adalah kerapatan layar vertikal dari kotak masuk mereka. Masih ada hanya tiga pengaturan: default, nyaman, dan kompak.

Juga atas permintaan populer, Google telah membangun mode offline asli yang tangguh. Pengguna, terutama pengguna bisnis yang sering bepergian, “ingin dapat mengambil tab Gmail standar mereka secara offline dan bekerja di UI yang sama,” kata Bank. Itulah yang diberikan Google kepada mereka, meskipun alasan yang dibutuhkan begitu lama untuk sampai ke sana bukanlah hal sepele. Menurut manajer produk Gmail, “penulisan ulang seluruh tumpukan teknis Gmail diperlukan untuk memungkinkan hal ini.”

Meskipun sebagian besar perbaikan Google difokuskan pada Gmail di web, aplikasi seluler juga mendapatkan perubahan penting dengan pengenalan notifikasi prioritas tinggi. Sudah tersedia di aplikasi Inbox seluler, ini adalah fitur di mana Google menggunakan sistem AI-nya untuk secara cerdas memilih email mana yang Anda ingin diberitahu dan yang dapat Anda lihat nanti. Menurut Bank, perubahan ini “memotong 97 persen pemberitahuan email untuk pengguna [Google].” Itu menunjukkan itu adalah filter notifikasi agresif, dan Google sekarang tampaknya cukup percaya diri untuk menawarkannya kepada semua orang. Yang juga membantu adalah penambahan perintah berhenti berlangganan sekali ketuk di aplikasi seluler untuk hal-hal seperti buletin yang mungkin Anda daftarkan tetapi belum dibaca dalam beberapa minggu.

Secara keseluruhan, ini jelas merupakan perubahan terbesar yang pernah dilakukan Google ke Gmail dalam satu kali gebrakan. Perusahaan telah berhati-hati untuk mengasingkan basis penggunanya yang sangat besar dan sangat beragam, dan perubahannya tampaknya merupakan kumpulan perbaikan yang jelas / terlambat dan ekstensi logis dari layanan Gmail yang sudah dikenalnya. Tampilan baru, yang menunjukkan banyak bentuk yang lebih lembut dan tombol berbentuk pil, harus membuktikan dirinya dari waktu ke waktu, tetapi fitur-fitur baru sudah terlihat seperti perubahan yang menjanjikan menjadi lebih baik.

Add a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *